KI-KD BAHASA JAWA KELAS X
STANDAR ISI/ KI-KD BAHASA JAWA KELAS X
Dengan mengacu kepada Permendikbud Nomor
54 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Permendikbud Nomor
64 tahun 2013 tentang Standar Isi, maka Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran
Bahasa Jawa Kurikulum 2013 SMA/MA/SMALB/SMK/MAK Provinsi Jawa Tengah disusun
sebagai berikut :
Kelas
X/1
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
1.1
Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan
anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh
Pangkur.
1.2
Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan
anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks crita cekak.
1.3
Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan
anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks pawarta.
1.4
Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks deskripsi tentang rumah adat Jawa.
1.5
Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks 2 (dua) paragraf aksara Jawa.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam, serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam
menggunakan
bahasa Jawa dalam bentukteks Serat Wedhatama pupuh
Pangkur.
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam
menggunakan
bahasa Jawa dalam bentuk teks crita cekak.
2.3
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam
menggunakan
bahasa Jawa dalam bentuk teks pawarta.
2.4
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam
menggunakan
bahasa Jawa dalam bentuk teks deskripsi tentang rumah
adat Jawa.
2.5
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam
menggunakan
bahasa Jawa dalam bentuk teks dua paragraf aksara Jawa
|
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
3.1 Menelaah
teks Serat Wedhatama pupuh Pangkur.
3.2 Menelaah
teks crita cekak.
3.3 Menelaah
teks pawarta.
3.4 Menelaah
teks deskriptif tentang rumah adat Jawa.
3.5 Mengidentifikasi
kaidah penulisan aksara Jawa dalam 2 (dua) paragraf yang menggunakan sandhangan
mandaswara.
4.1 Menanggapi
isi Serat Wedhatama pupuh Pangkur dan menulis syair tembang Pangkur
dengan bahasa sendiri, serta menyajikannya secara
lisan/tulis.
4.2 Menulis
dan menyajikan sinopsis teks crita cekak yang dibacanya
4.3
Menanggapi, menulis, dan menyajikan teks pawarta secara.
4.4 Menanggapi
dan menceritakan kembali isi teks deskriptif tentang rumah adat Jawa.
4.5 Menulis
dua paragraf berhuruf Jawa yang menggunakan sandhangan mandaswara.
|
Kelas X/2
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
1.2 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk petikan teks crita wayang.
1.3 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks panatacara.
1.4 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks deskripsi tentang makanan tradisional Jawa.
1.5 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks dua paragraf aksara Jawa.
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam
menggunakan
bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui petikan teks crita wayang.
2.3
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks panatacara.
2.4
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks deskripsi tentang makanan tradisional Jawa.
2.5
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks dua paragraf aksara Jawa.
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Menelaah
teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
3.2 Memahami
isi teks crita Mahabharata (Bima Bungkus).
3.3
Menelaah teks panatacara.
3.4
Memahami isi teks deskriptif tentang makanan tradisional Jawa.
3.5
Mengidentifikasi kaidah penulisan aksara Jawa dalam dua paragraf yang
menggunakan aksara angka.
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara
efektif dan kreatif, serta dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
4.1
Menanggagpi isi Serat Wedhatama pupuh Sinom dan menulis, serta
menyajikan syair tembang Sinom dengan bahasa sendiri.
4.2 Menulis
sinopsis teks cerita teks Mahabharata (Bima Bungkus) dan
menyajikannya.
4.3 Membaca
teknik teks panatacara.
4.4 Menanggapi
dan menceritakan kembali isi teks deskriptif tentang makanan tradisional Jawa.
4.5 Menulis
dan menyajikan dua paragraf berhuruf Jawa yang menggunakan aksara angka.
|
Bagaimana cara menentukan wayang kulit teradisibbuda ya Indonesia
BalasHapuscaranya yaitu dengan mempertunjukkan wayang kulit, dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan berharga.
Hapus